FEDEP (Forum for Economic Development and Employment Promotion ) PDF Print E-mail
Written by indih   
Friday, 29 October 2010 08:05

Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) KOTA TEGAL


Esensi otonomi daerah adalah optimalisasi pemberdayaan dan inovasi pendayagunaan potensi daerah guna membangkitkan partisipasi, prakarsa dan kreatifitas masyarakat untuk kesejahteraan rakyat , dalam pemberdayaan ekonomi, masalah dunia usaha dan lapangan kerja menjadi masalah penting yang harus segera diselesaikan bersama-sama pemerintah, stakeholder dan masyarakat pelaku ekonomi dan selanjutnya agar tercipta keterpaduan dan keharmonisan antara Pemerintah, Stakeholder dan pelaku ekonomi, maka dipandang perlu untuk membentuk Forum for Economic Development and Employment Promotion (Forum Pengembangan Ekonomi dan Perluasan Kesempatan Kerja) dengan Keputusan Walikota Tegal Nomor 050/107.A/2009 tentang Pembentukan Tim Pengarah Pembentukan Kelembagaan FEDEP, Tim Pendamping FEDEP dan Tim Kelembagaan FEDEP Kota Tegal Tahun Anggran 2009. Forum for Economic Devolepment and Employment Promotion (Forum Pengembangan Ekonomi dan Perluasan Kesempatan Kerja) yang selanjutnya disingkat FEDEP adalah forum musyawarah stakeholders di bidang ekonomi dan ketenagakerjaan.


FEDEP berkedudukan sebagai forum musyawarah stakeholders untuk merumuskan program-program pembangunan dibidang ekonomi dan ketenagakerjaan dengan menitikberatkan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu bahan masukan dalam menentukan kebijakan pemerintah serta merumuskan, memantau, mengevaluasi dan menyusun laporan program-program hasil-hasil musyawarah.

Mengembangkan ekonomi lokal berarti bekerja secara langsung membangun economic competitiveness (daya-saing ekonomi) suatu kota untuk meningkatkan ekonominya. Prioritasi ekonomi lokal pada peningkatan daya saing ini adalah krusial, mengingat keberhasilan (kelangsungan hidup) komunitas ditentukan oleh kemampuannya beradaptasi terhadap perubahan yang cepat dan meningkatnya kompetisi pasar. Setiap komunitas mempunyai kondisi potensi lokal yang unik yang dapat membantu atau menghambat pengembangan ekonominya. Untuk membangun daya saing tiap komunitas perlu memahami dan bertindak atas dasar kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk membuat lokasi/ kota nya menarik bagi kegiatan bisnis, kehadiran pekerja dan lembaga yang menunjang. FEDEP- Stake holders  terkait ada 6 (enam) jenis klaster yang akan dikembangkan yaitu :

  1. Industri Logam
  2. Industri Bordir
  3. Pengolahan hasil Perikanan
  4. Itik Tegal
  5. Shuttlecock
  6. Batik Tegal

Visi  FEDEP TEGAL

FEDEP mempunyai visi mewujudkan perekonomian kota yang kompetitif dan handal, yang mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan kualitas SDM yang profesional dan inovatif.

Misi  FEDEP   TEGAL

FEDEP mempunyai misi  :

  1. Mengupayakan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM);
  2. Mengembangkan jaringan strategis dalam rangka penguatan ekonomi lokal melalui pendayagunaan, pengembangan, inovasi DAN TEKNOLOGI;
  3. Memperkuat kemandirian organisasi dalam usaha-usaha ekonomi dan peningkatan kualitas SDM yang dikelola secara profesional;
  4. Pengembangan dan peningkatan kualitas SDM yang mampu menciptakan lapangan kerja.


Tugas  FEDEP

FEDEP mempunyai tugas :

  1. Menjaring aspirasi dunia usaha khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM);
  2. Memfasilitasi pemerintah dengan pelaku ekonomi untuk dapat merumuskan program bersama dalam rangka :
    1. Peningkatan daya saing;
    2. Pengembangan sentra industri;
    3. Peningkatan kualitas SDM.
    4. Menyediakan Informasi tentang pengembangan dunia usaha
    5. Melakukan advokasi penatalaksanaan kegiatan perekonomian kota


Fungsi  FEDEP

FEDEP berfungsi bersama Pemerintah untuk memberdaya kan dunia usaha, khususnya Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM).

Last Updated on Friday, 13 April 2012 15:27