Perlunya Revisi RTRW Kota Tegal PDF Print E-mail
Written by TRI SETYO WIBOWO   
Tuesday, 15 October 2019 11:09

PENYUSUNAN REVISI PERDA RTRW KOTA TEGAL MERUPAKAN PERWUJUDAN VISI DAN MISI PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG  KOTA TEGAL PADA ASPEK PENATAAN RUANG, YANG PADA DASARNYA BERTUJUAN UNTUK TERWUJUDNYA RUANG WILAYAH YANG AMAN, NYAMAN, PRODUKTIF, DAN BERKELANJUTAN.

REVISI PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2012 TENTANG RTRW KOTA TEGAL TAHUN 2011-2031 MENDASARI PADA UNDANG-UNDANG NOMOR 26 TAHUN 2007 TENTANG PENATAAN RUANG, PADA PASAL 26 AYAT 5 DAN DALAM PERDA RTRW KOTA TEGAL PASAL 135  DISEBUTKAN BAHWA RENCANA TATA RUANG WILAYAH DAPAT DITINJAU KEMBALI 1 (SATU) KALI  DALAM 5 (LIMA) TAHUN.

OLEH SEBAB ITU MENGINGAT SAAT INI USIA PERDA RTRW KOTA TEGAL TELAH MENGINJAK UMUR LEBIH DARI 7 (TUJUH) TAHUN, OLEH SEBAB ITU SUDAH SAATNYA DILAKUKAN PENINJAUAN KEMBALI SEBAGAI DASAR UNTUK PERLU TIDAKNYA DILAKUKAN REVISI PERDA RTRW KOTA TEGAL.

PERTIMBANGAN PERLUNYA REVISI RTRW KARENA DINAMIKA PERKEMBANGAN KOTA YANG BEGITU PESAT PADA SETIAP SEKTOR PEMBANGUNAN.

TERDAPAT BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN BAHWA PENYUSUNAN DOKUMEN REVISI RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KOTA TEGAL  BERTUJUAN:

  1. SEBAGAI ACUAN DALAM PEMANFAATAN RUANG, PENGEMBANGAN WILAYAH KOTA ADMINISTRASI PERTANAHAN ;
  2. PERDA RTRW JUGA SEBAGAI ACUAN PENETAPAN LOKASI INVESTASI YANG DILAKUKAN OLEH PEMERINTAH, MASYARAKAT MAUPUN SWASTA;
  3. SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN DOKUMEN PERENCANAAN PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG DAERAH SERTA PEDOMAN RENCANA DETAIL TATA RUANG KOTA.