Workshop Pendidikan Untuk Semua (PUS) Tahun 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Wednesday, 09 May 2018 11:31


    Bidang Pembangunan Masyarakat dan Sosial Budaya Bappeda Kota Tegal mengadakan Workshop Pendidikan Untuk Semua (PUS) Tahun 2018 pada hari Selasa 8 Mei 2018 pukul 09.00 WIB bertempat di Hotel Riez Palace Kota Tegal. Penyampaian paparan oleh Kabid Pembangunan Masyarakat dan Sosial Budaya Ibu Rita Marlianawati, S.Sos, M.Si dan sebagai narasumber psikolog RSUD Kardinah Kota Tegal Ibu AD. Andriyanti, S. Psi. Sebagai peserta workshop perwakilan guru BK dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK negeri maupun swasta.
    Pendidikan Untuk Semua Berlanjut Pendidikan Sepanjang Hayat (life long education) adalah sebuah sistem pendidikan yang dilakukan oleh manusia ketika lahir sampai meninggal dunia. Adapun wadah pendidikan sepanjang hayat yaitu pendidikan persekolahan (formal), pendidikan luar biasa (informal), sumber informasi baik berupa terbitan buku, majalah atau media massa baik cetak atau elektronik ataupun sajian dalam internet. Pendidikan Sepanjang Hayat merupakan bagian dari Goal SDGs yaitu Goal ke 4 yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Inklusi dan kesetaraan dalam akses, partisipasi dan hasil belajar serta kualitas yang berfokus pada perolehan keterampilan dasar yang efektif, serta pada relevansi pembelajaran untuk pekerjaan yang layak, kehidupan sosial dan kemasyarakatan. 



    Hasil belajar yang berkualitas diperlukan bimbingan anak didik yang profesional wujudkan perlindungan anak meraih masa depan. Dalam penjelasan paparan oleh ibu AD Andriyanti, S.Psi siswa yang ideal yaitu siswa berkarakter positif pada kenyataannya terdapat masa transisi dari remaja ke dewasa adalah masa yang penuh tantangan, seringkali anak sulit untuk diarahkan, selain itu dipengaruhi oleh issu masyarakat, perilaku negatif, teman sepergaulan, media IT serta peran bimbingan dan pola didik orang tua dan guru untuk membawa para remaja kepada masa depan yang gemilang. Guru pembimbing sangat berperan aktif dalam strategi pembelajaran dengan menerapkan metode belajar yang melibatkan partisipasi aktif siswa, menerapkan pendidikan tanpa kekerasan di sekolah dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, guru juga harus mempunyai kepekaan yang tinggi pada perilaku siswa yang terlihat kurang wajar serta mengetahui karakter dan potensi siswa.






Last Updated on Sunday, 20 May 2018 23:04