SOSIALISASI PENANGGULANGAN GAKY TAHUN 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Saturday, 21 April 2018 10:55


    Bappeda Kota Tegal berperan serta mendukung terhadap bahaya gangguan GAKY melalui Sosialisasi Penanggulangan GAKY Tingkat Kota Tegal Tahun 2018 yang diadakan pada hari Jumat, 20 April 2018 pukul 08.00 WIB di Gedung Ex Samsat Ki Gede Sebayu. Dihadiri oleh segenap Tim Pokja penanggulangan GAKY Kota Tegal bersama dengan Tim Pelaksana Pengawasan dan Pengendalian Peredaran Garam Konsumsi Kota Tegal,Dewan Pengurus dan Anggota Dharma Wanita, dan mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Tegal Bapak Triyono, SKM. Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Tegal Bapak Ir. Nur Effendi, M.Si dan  penyampaian paparan dari Kepala Bidang Pembangunan Masyarakat dan Sosial Budaya Ibu Rita Marlianawati, S.Sos,M.Si.

    Gangguan Akibat Garam Yodium (GAKY) dapat berpengaruh pada kualitas Sumber Daya Manusia. GAKY dapat mengakibatkan terjadinya gangguan fisik dan mental manusia seperti kematian bagi ibu hamil, bayi dan balita serta menghambat pemenuhan gizi pada masa tumbuh kembang anak. Iodium merupakan zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk keperluan metabolisme sel-sel tubuh dalam pembetukan hormon tiroid. Tubuh kita tidak dapat memproduksi iodium sehingga membutuhkan iodium dari luar berupa asupan makanan atau apapun yang mengandung iodium. Sebagai contoh yang mengandung iodium tinggi terdapat pada garam beryodium, rumput laut, biota laut (udang, kerang, kepiting, tuna, salmon dll), susu sapi dan produk olahannya (keju, yogurt, es krim), telur, kentang, kacang tanah, pisang dsb. Dalam sosialisasi ini dijelaskan bahwa perlu adanya pengetahuan kepada masyarakat mengenai garam yang dikonsumsi berkandungan yodium kurang atau tidak ada seringkali tertipu atau salah memilih garam tidak beryodium karena kemasannya saja yang terlihat menarik.  Selain itu kebutuhan iodium perhari juga dijelaskan untuk dewasa 0,15 mg/hari; Wanita hamil 0,22 mg/hari; Wanita menyusui 0,29 mg/hari, Anak usia 1- 11 Tahun 0,09-0,12 mg/hari; Bayi 0,11 - 0,12 mg/hari hal tersebut harus diperhatikan dengan baik agar tubuh kita dapat terpenuhi kebutuhan akan iodium.

    Tim Pokja Penanggulangan GAKY Kota Tegal berupaya terus untuk selalu memberikan pengetahuan tentang gangguan akibat kekurangan yodium serta pemahaman dan pembinaan kepada masyarakat luas. Selain itu ada Tim Pelaksana Pengawasan dan Pengendalian Peredaran Garam Konsumsi Kota Tegal yang juga bertugas merencanakan dan melaksanakan monitoring, melaksanakan uji kandungan iodium pada garam, melaksanakan tindakan pembinaan dan pelarangan.  Pada Tahun 2017 capaian pengawasan terhadap garam yodium sudah berkisar 94% dengan melakukan sidak uji sampel garam dari pasar-pasar Kota Tegal serta mengadakan sosialisasi dengan uji iodium ke kelurahan serta kecamatan. Selain itu Pemerintah Kota Tegal telah melakukan berbagai upaya diantaranya pencanangan Gerakan Universal Salt Iodisation; Sosialisasi untuk Guru SD; Pemeriksaan garam iodium di Posyandu, SD dan Pasar; Pembentukan Satgas garam untuk pemeriksaan garam di Warung makan maupun toko; Pemeriksaan kwantitas kadar iodium pada garam. Pada Tahun 2018 ini perlu adanya dukungan dan komitmen kepada seluruh pihak sangat dibutuhkan dalam mensukseskan penanggulangan GAKY di Kota Tegal agar dapat meningkatkan kesadaran terhadap bahaya gangguan GAKY.

Penyampaian Paparan Sosialisasi Penanggulangan GAKY Kota Tegal Tahun 2018


 Uji Kandungan Iodium Garam


Last Updated on Sunday, 22 April 2018 22:08