FORUM PERANGKAT DAERAH KOTA TEGAL TAHUN 2018 DALAM RANGKA PENYUSUNAN RKPD KOTA TEGAL TAHUN 2019 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Tuesday, 20 March 2018 10:00

    Sebagai langkah persiapan agar Musrenbang tingkat kota, Bappeda kota Tegal mengadakan Forum Perangkat Daerah Kota Tegal Tahun 2018 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tegal Tahun 2019 yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal 19 Maret 2018 bertempat di Adipura Balaikota Tegal dihadiri oleh PJs. Walikota Tegal Bapak Drs. Achmad Rofai, M.Si, Plt. Sekretaris Daerah Kota Tegal, Asisten Ahli Walikota Tegal, Asisten Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Anggota DPRD, Lurah di lingkungan pemerintah Kota Tegal.
    Dalam sambutan yang diberikan oleh PJs Walikota Tegal bahwa musrenbang tingkat Kelurahan yang didahului dengan rembug warga di tingkat RT/RW kemudian musrenbang tingkat Kecamatan telah dilaksanakan dan telah menghasilkan kesepakatan usulan program dan kegiatan prioritas untuk dimusyawarahkan ke tingkat kota yang akan datang. Forum Perangkat Daerah merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian agenda penyelenggaraan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kota Tegal Tahun 2018 dalam rangka menyusun RKPD Tahun 2019 sebagai langkah persiapan agar musrenbang tingkat kota nanti dapat menghasilkan rencana program dan kegiatan yang aspiratif dan menjadi jawaban dan solusi atas berbagai permasalahan pembangunan kota Tegal.


  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tegal Tahun 2019 mengarah pada kebijakan yang difokuskan pada aspek Pemantapan Perwujudan Masyarakat Sejahtera dan Bermartabat dalam Rangka Pencapaian Visi Terwujudnya Kota Tegal yang Sejahtera Bermartabat Berbasis Pelayanan Prima. Pada Forum Perangkat Daerah ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk :
1. Menyelaraskan serta menajamkan indikator dan terget kinerja program
    dan kegiatan  sesuai dengan tugas pokok  dan fungsi masing-masing        perangkat daerah;
2. Menyelaraskan Rancangan Renja OPD dengan usulan prioritas program 
   dan kegiatan hasil musrenbangcam;
3. Menyelaraskan program dan kegiatan  antar OPD dalam rangka sinergi 
    pelaksanaan   program kegiatan  dan  optimalisasi   pencapaian target 
    sasaran pembangunan.
    Dengan mencermati hal tersebut diatas diharapkan dapat menjadi titik temu antara pendekatan dari bawah ke atas yang partisipatif dengan proses penyusunan rancangan Renja OPD. OPD juga diharapkan dapat mencermati usulan masyarakat dan memberikan penjelasan secara proporsional tentang kemungkinan usulan yang diajukan tersebut dapat diakomodir atau tidak.


Last Updated on Tuesday, 27 March 2018 15:48