MUSRENBANG KELURAHAN KOTA TEGAL 2018 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Friday, 02 February 2018 13:28

    Musrenbang Kelurahan telah diselenggarakan mulai tanggal 22 Februari 2018 sampai dengan 1 Februari 2018 bertempat di 27 Kelurahan Kota Tegal dan dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan, Lurah, SKPD terkait, LPMK dan ketua RT/RW, warga atau tokoh masyarakat sekitar. Sebagai nasumber mendatangkan OPD terkai.
    Musrenbang kelurahan adalah forum dialog antara pemerintah dengan pemangku kepentingan dari usulan, kebijakan, peraturan, atau program pembangunan. Dalam musrenbang kelurahan, pemerintah kelurahan dan warga berembug dalam menyusun program tahunan di kelurahan, musrenbang kelurahan menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan pembangunan di wilayah kelurahan. Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan di lingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan. Forum ini melibatkan  masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaimana yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan. 
    Ada beberapa usulan yang menjadi catatan penting dalam musrenbang kelurahan Kota Tegal diantaranya usulan balai RW/Pos PAUD yang merupakan lahan/tanah milik warga yang dihibahkan dibuktikan dengan surat serah terima/surat pelepasan hak tanah warga yang dihibahkan. Usulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mengacu pada Data Base RTLH dan Basis Data Terpadu (BDT) yang dimiliki oleh dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tegal. Usulan Bantuan Sosial (BANSOS) dan Hibah harus melalui proposal lengkap (RAB,gambar,foto) disampaikan paling lambat 24 Februari 2018. Usulan mebeuler Posyandu masuk ke usulan non fisik dan diakomodir di kelurahan melalui kegiatan pengadaan mebeuler sedangkan peralatan posyandu masuk di usulan non fisik pada dinas kesehatan. Usulan program APIK hanya diprioritaskan untuk kawasan yang berada pada SK Kumuh, untuk pembangunan/ pemeliharaan gorong-gorong dengan lebar < 40cm, pembangunan /pemeliharaan jalan lingkungan (pavingnisasi dengan gorong-gorong di tengah jalan lingkungan) lengan lebar sampai dengan 2,5 m, penerangan jalan lingkungan hanya pengadaan tiang, kabel, lampu sedangkan daya listrik dari swadaya masyarakat, usulan RTLH penerima bantuan merupakan data yang terdapat pada data base RTLH, dan adanya pengadaan gerobak/becak sampah. Musrenbang Kelurahan ini selanjutnya menjadi acuan Pemerintah Kota Tegal untuk pembangunan baik Pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik, karena merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam membangun kota Tegal untuk menjadi lebih maju.

Last Updated on Friday, 09 February 2018 06:24