Sosialisasi Pelaksanaan Program Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (APIK) Kota Tegal Tahun 2019 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Friday, 12 January 2018 09:10

  Pertumbuhan dan perkembangan penduduk yang cukup pesat mempunyai dampak terhadap berbagai bidang antara lain di bidang fisik lingkungan, sosial maupun ekonomi yang memerlukan ketersediaan prasana dan sarana dasar yang secara umum bersifat pembangunan yang terus ditingkatkan dan dikembangkan secara terarah dan berkesinambungan yang diikuti oleh laju pertumbuhan penduduk. Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan agar sarana prasarana dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan dibutuhkan partisipasi masyarakat bekerjasama dengan pemerintah daerah khususnya kota Tegal.
 Melalui sosialisasi pelaksanaan program Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (APIK) Kota Tegal yang merupakan upaya strategis untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya dalam mewujudkan lingkungan permukiman yang bersih dan sehat. Bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah Bappeda Kota Tegal menyelenggarakan sosialisasi program APIK pada hari Kamis 11 Januari 2018 pukul 09.00 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Tegal. Dibuka oleh Sekretaris Bappeda Kota Tegal dan dihadiri oleh segenap Lurah maupun perwakilan dari Keluarahan se-Kota Tegal.
   Pemerintah kota Tegal memberikan kewenangan kepada Kelurahan untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan fisik untuk infrastruktur lingkungan yang secara teknis mampu dikerjakan kelurahan sebagai wujud nyata pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan partisipasi dan pengembangan swadaya / gotong-royong masyarakat. Program Akselerasi Pembangunan Insfrastruktur Keluarahan yang selanjutnya disingkat program APIK adalah program pemberdayaan masyarakat dalam mengupayakan percepatan pembangunan sarana prasarana umum untuk terwujudnya lingkungan permukiman yang bersih dan sehat.
      Tujuan program Apik diantarannya sebagai berikut :

1. Mewujudkan partisipasi pemberdayaan dan kemandirian  masyarakat   

    dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan

2. Mewujudkan   pemenuhan   hak   dan   aksebilitas   warga  masyarakat

    terhadap sarana dan prasarana

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang memadai untuk

    terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat; dan

4. Mewujudkan     pemerataan   dan    keadilan   dalam   penataan   dan

    pembangunan  lingkungan  permukiman   dan  perumahan

   Pelaksanaan  program APIK  tidak lepas  dari  organisasi  yang mendukung diantaranya  LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Keluarahan), PKK, Karang Taruna dan Lembaga Kemasyarakatan lainnya. Serta adanya tim penyelenggara sosialisasi, tim monitoring dan evaluasi serta adanya konsultan pendamping. Konsultan pendamping yang memiliki kemampuan dan ketrampilan teknis membuat gambar dan rencana anggaran biaya dan pengawasan yang ditunjuk dan ditetapkan oleh perangkat daerah yang menangani perencanaan. Tugas konsultan pendamping diantaranya koordinasi dengan lurah dan kelompok kerja berkaitan dengan tugas survey lokasi objek pekerjaan, pembuatan gambar dan rencana anggaran biaya serta melakukan pendampingan dan pengawasan kegiatan dan menyusun laporan perkembangan pelaksanaan kegiatan. 

    Lingkup kegiatan program APIK di Kota Tegal sejauh ini sudah menghimpun data yang menjadi pemenuhan kebutuhan lingkungan pada setiap kelurahan seperti pembangunan/rehabilitasi jalan dan jembatan, betonisasi, pembangunan crossing, penerangan jalan lingkungan, pembangunan/rehabilitasi saluran drainase, pembangunan/rehabilitasi rumah tidak layak huni, penyediaan prasarana dan sarana pengelolaan persampahan, dan pembangunan/rehabilitasi infrastruktur lingkungan kantor kelurahan/kecamatan.

Last Updated on Tuesday, 15 October 2019 11:17