PAMERAN PRODUK INOVASI (PPI) 2017 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Monday, 18 September 2017 11:01

    Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas ke – 22) pemerintah provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pameran Produk Inovasi (PPI) 2017 dengan tema “Inovasi Untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa” (Ayo Inovasi, Kita Kuat, Kita Mandiri). Pameran dilaksanakan pada hari jumat-minggu tanggal 15-17 September 2017 di GOR Jetayu, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo dan diikuti seluruh pemerintah daerah provinsi Jawa Tengah Kabupaten/Kota, Swasta, UMKM, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan beberapa komunitas lainnya. Terdapat stand-stand yang masing-masing memamerkan produk unggulan daerah yang kreatif dan unik sehingga dapat mendorong minat masyarakat untuk mengembangkan inovasi lain yang menarik dan mempunyai daya nilai lebih dalam bisnis maupun teknologi.
     Dalam PPI 2017 di GOR Jetayu tidak hanya stand-stand saja yang dipamerkan ada juga berbagai lomba yang diikuti diantaranya lomba Jateng Robotic Competition, Lomba APHICS, Lomba Moto Contez Motor & Mobil, Lomba Desain Kriya, Lomba Musik Rampak Barang Bekas, Lomba Mewarnai TK dan lain-lainnya.
       Pemerintah Kota Tegal melalui BP4D Kota Tegal ikut berpartisipasi dalam acara PPI dengan mengikutsertakan juara lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Krenova) kota Tegal 2017. Produk dan hasil karya diantaranya alat pengendali listrik dengan smartphone dengan media bluetooth untuk menyalakan dan mematikan alat-alat listrik seperti lampu, TV, kipas angin dsb; krupuk antor sotong yang berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan sotong dan diberi warna hitam dari tinta sotong; aplikasi tegal tourism berbasis mobile yang dapat memberikan informasi seputar Tegal seperti tempat wisata, wisata kuliner, hotel, bioskop dan tempat hiburan lainnya; mesin potong pipa yang merupakan alat pemotong pipa besi menggunakan bahan baku bekas; lampu dari kulit kerang dengan memanfaatkan hasil laut menggunakan kulit kerang yang disusun sebagai hiasan cantik lampu. Dalam pameran tersebut produk krupuk antor sotong cukup menarik perhatian pengunjung karena olahan krupuk antor yang menjadi khas produk unggulan kota Tegal ini berbeda dari biasanya, menggunakan sotong menambah cita rasa yang lebih enak pedas dan gurih dengan kemasan yang praktis dan menarik.

Pengunjung terliat antusias mencicipi krupuk antor sotong 
      Pelaksanaan Pameran Produk Inovasi (PPI) Tahun 2017 ini menjadi sarana penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam memberikan sosialisasi dan bentuk kemandirian berinovasi dalam berkarya secara kreatif melahirkan ide-ide produk yang mampu bersaing di pasar dengan produk lainnya dan untuk kedepannya dapat terus dilaksanakan sehingga masyarakat lebih bersemangat mengembangkan dan mewujudkan produk unggulan yang diminati oleh mitra bisnis maupun para konsumen pada umumnya.


Last Updated on Wednesday, 22 November 2017 20:56
 
FEDEP PUD UKM Kota Tegal 2017 PDF Print E-mail
Written by Lestari   
Monday, 11 September 2017 10:37





     Forum for  Economic  Development and Employment Promotion (FEDEP) di Jawa Tengah menggelar festival rancang busana dan pameran produk unggulan di Jawa Tengah. Pelaksanaan pada hari Rabu-Minggu tanggal 6-10 September 2017 bertempat di Ruang Atrium Paragon Mall Jalan Pemuda No. 118 Semarang.
    Kegiatan ini sesuai dengan tujuan pembangunan daerah yaitu "Membangun & mengembangkan jaringan bisnis ekonomi lokal melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diarahkan pada pengelolaan usaha oleh pelaku bisnis secara mandiri. Peserta diikuti oleh FEDEP 35 Kab/Kota Se-Jateng, Pokja FPESD; Perbankan; Bank Indonesia, Bank Jateng dsb (Bank Swasta) BUMN/BUMD dan Asosiasi. Produk yang dipamerkan terdiri dari multi produk yaitu kerajinan, batik, lurik, makanan olahan, handycraft, produk pertanian, dll.
    Produk unggulan klaster dan UMKM dari Kota Tegal yang diikutkan dalam gelar promosi tersebut adalah klaster olahan makanan seperti olahan ikan basah (nugget ikan, bakso ikan, siomay ikan, lumpia ikan); olahan ikan kering (ikan krispi, krupuk tengiri) kemudian klaster kerajinan yaitu kerajian olahan daur ulang plastik, daur ulang pelepah pisang & kertas koran; kerajinan dari kulit ikan pari (sepatu & gantungan kunci) dan produk kerajinan lainnya seperti kerajinan lampu dari kulit kerang, tempat tisu, tempat pensil, dompet, tas, bros dll. Adapun klaster sandang juga turut diikutkan berupa batik tegal, kain sibori, baju & kerudung sulam pita dan ada pula untuk klaster itik seperti telur asin dan suttlecock.

                     Produk-produk unggulan dari Fedep Kota Tegal Tahun 2017
   Fedep Kota Tegal juga berpartisipasi dalam fashion design competition. Lomba rancang busana bagi pelaku usaha produk tekstil di Jawa Tengah bertujuan untuk membantu pengembangan ekonomi lokal (PEL) di Jawa Tengah melalui program PELFEDEP-klaster kabupaten/kota dengan provinsi. Dari Fedep Kota Tegal menampilkan desain seragam kerja dari batik Tegal (Motif Galaran) yang dipadukan dengan kain tenun khas Tegal.

Desain Seragam Kerja Batik Tegal yang ditampilkan oleh Fedep Kota Tegal 2017
   Pada gelar promosi produk unggulan Jawa Tengah 2017 ini Kota Tegal meraih penghargaan sebagai Stand Terbaik ke 2 dari Total 55 stand. Juara 1 Kabupaten Kendal, Juara 2 Kota Tegal dan Juara ke 3 Kota Semarang. Dengan terselenggaranya pameran PUD Klaster UKM Jawa Tengah teraihnya Fedep Kota Tegal sebagai juara Stand Terbaik ke 2 diharapkan dapat mendorong para pelaku UKM untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan produk unggulan daerah Kota Tegal agar semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat menarik beberapa mitra bisnis untuk bekerjasama dengan UKM dan mendukung promosi Kota Tegal baik pariwisata maupun produk unggulannya. 

Kota Tegal Pemenang Stand Terbaik ke 2 Klaster UMKM Jawa Tengah 2017

Stand Fedep Kota Tegal sebagai Juara Stand Terbaik 2 Klaster UMKM Jawa Tengah 2017


Last Updated on Wednesday, 22 November 2017 21:04
 
Lomba Krenova 2017 PDF Print E-mail
Written by Atie   
Wednesday, 08 February 2017 00:00

Krenova 2017


Kategori Lomba

A. Kategori Bidang Penghargaan

  1. Agribisnis dan Pangan;
  2. Energi;
  3. Kehutanan dan Lingkungan Hidup;
  4. Kelautan dan Perikanan;
  5. Kesehatan, Obat-obatan dan Kosmetik;
  6. Pendidikan;
  7. Rekayasa dan Manufaktur;
  8. Kerajinan dan Industri Rumah Tangga;
  9. Sosial.

B. Kategori Peserta Lomba

  1. Tingkat Umum : diikuti oleh perseorangan, kelompok atau masyarakat Kota Tegal (bukan pelajar sekolah).
  2. Tingkat Sekolah : diikuti oleh perseorangan atau kelompok pelajar Tingkat Sekolah : diikuti oleh perseorangan atau kelompok pelajar

Tata Cara Pengajuan

  1. Setiap peserta wajib mengirimkan proposal dan kelengkapannya dalam bentuk hardcopy sebanyak 2 (dua) eksemplar dan softcopy sebanyak 1 (satu) CD kepada Walikota Tegal Ub. Kepala BP4D Kota Tegal Jalan Ki Gede Sebayu No. 3 Tegal
  2. Temuan yang akan diajukan sudah siap untuk diuji coba/diperagakan pada saat penilaian oleh Tim Juri.

Sistematika Proposal

  1. Judul
  2. Latar Belakang
  3. Maksud dan Tujuan
  4. Manfaat
  5. Spesifikasi Teknik
  6. Keunggulan bila dibandingkan dengan penemuan yang terdahulu
  7. Penerapan pada Masyarakat dan Dunia industri
  8. Prospek Pengembangan

Kriteria Penilaian

Aspek-aspek penilaian : Orisinalitas, Kepioniran, Penerapan di masyarakat, manfaat dan keberlangsungan

Batas Waktu

Pengajuan proposal ajuan Lomba Krenova Tingkat Kota Tegal Tahun 2017 diterima paling lambat : Selasa, 21 Februari 2017 Jam 14.00 WIB , di Bidang Data, Analisa dan Penelitian Pengembangan BP4D Kota Tegal.


Buku panduan Krenova Kota Tegal Tahun 2017 bisa di download disini

Last Updated on Thursday, 16 February 2017 17:01
 
More Articles...
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 9 of 10